Pengabdian Masyarakat IKADA Di Desa Mancasan Baki Sukoharjo

Rabu,03 Juli 2024

STIKES Nasional merupakan lembaga perguruan tinggi yang berperan dalam bidang kesehatan yang tidak lepas dari peran mahasiswa sebagai obyek pembelajaran. Mahasiswa bukan hanya berorientasi pada kewajiban utamanya yaitu kuliah melainkan mahasiswa dapat mengembangkan ilmu yang telah didapatkan hingga ke masyarakat sehingga mahasiswa mengetahui bagaimana kondisi di masyarakat sekitarnya.

Kesehatan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi kehidupan setiap orang, karena semua aktivitas kehidupan kita bergantung pada kondisi tubuh yang sehat. Gangguan kesehatan timbul karena pola hidup, faktor makanan, pengaruh lingkungan atau faktor keturunan. Medical Check Up mencakup serangkaian wawancara dan pemeriksaan kesehatan. Jenis – jenis dan lingkup pemeriksaan Medical Check Up bervariasi, tergantung keperluan dan permintaannya. Rendahnya kesadaran masyarakat umum memotivasi kami untuk mengadakan kegiatan Medical Check Up. Karena kami sebagai tenaga kesehatan wajib memberikan edukasi kepada masyarakat umum untuk sadar terhadap kesehatan. Karena kebanyakan masyarakat hanya datang ke fasilitas kesehatan ketika sakitnya sudah parah, kurangnya pengetahuan tentang kesehatan juga dapat menimbulkan masalah yang serius misalnya adanya penyakit menular yang tidak disertai dengan gejala yang spesifik.

Dengan adanya Medical Check Up di Desa Mancasan Kecamatan Baki, Sukoharjo pada Sabtu, 8 Juni 2024 diharapkan mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat umum akan pentingnya kesehatan, dengan dilakukannya medical check up dapat menambah pengetahuan tentang kesehatan yang juga memotivasi mereka untuk lebih peduli dengan kesehatan dan mau untuk melakukan medical check up secara berkala di fasilitas kesehatan.